Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke-Mega Hadir di SDN 12 Benhil

Kompas.com - 26/06/2010, 13:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan mantan Presiden, Megawati Soekarnoputri, menghadiri acara peluncuran program Sahabat Biopori di lokasi SDN 12 Bendungan Hilir Jakarta, Sabtu (26/6/2010). "Mudah-mudahan program ini akan membantu dan mengurangi dampak negatif lingkungan," kata Fauzi Bowo dalam acara peluncuran.

Menurut Fauzi, saat ini jumlah lubang biopori yang sudah dibuat di Jakarta mencapai lebih dari 3 juta lubang. Namun, yang efektif baru sekitar 30 persennya saja. Biopori penting bagi Jakarta karena lubang berfungsi memperbaiki kondisi tanah dan air tanah di wilayah perkotaan.

Sahabat Biopori merupakan kampanye dan gerakan moral untuk menciptakan kepedulian anak terhadap alam yang diluncurkan oleh Yayasan Bhuvana Nusantara. Sasaran program ini memang adalah anak-anak. Program akan berlangsung dari Juni 2010 hingga Desember 2011.

Anak-anak bisa dibudayakan membuat lubang resapan biopori karena memang pembuatannya murah dan mudah. Caranya hanya dengan membuat lubang diameter 10 cm dengan kedalaman sekitar 1 meter. Pembuatannya tak lebih dari 10 menit.

Dalam acara peluncuran, secara simbolis, Sri Hartati Fauzi Bowo selaku Duta Biopori membuat Lubang Resapan Biopori di lingkungan sekolah disaksikan oleh Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) Megawati Soekarnoputri dan suaminya, Taufik Kiemas. Megawati juga secara simbolis menanamkan pohon langka khas Jakarta di kawasan sekolah, seperti pohon kemang dan pohon bintaro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com