Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pura Uluwatu Bersiap Sambut Obama

Kompas.com - 03/06/2010, 11:25 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Meski belum dipastikan obyek-obyek wisata apa saja yang akan dikunjungi Presiden AS Barack Obama saat berada di Bali, tetapi sejauh ini ada 2 tempat wisata yang disebut-sebut akan menjadi tujuan Obama saat berada di Bali. Kedua tempat wisata tersebut adalah Pura Uluwatu yang terletak di Kabupaten Badung dan Monkey Forest di Ubud, Gianyar.

Dari informasi sejumlah sumber di kepolisian, kedua tempat ini sempat disurvei oleh tim pengamanan Obama, US Secret Service, saat rencana kunjungan pada bulan Maret lalu yang akhirnya ditunda. Pemerintah Badung sendiri kini sudah mulai mempersiapkan Pura Uluwatu jika nantinya jadi dikunjungi Obama.

Saat melakukan survei beberapa waktu lalu, ada sejumlah area di sekitar Pura Uluwatu yang perlu dibenahi, di antaranya area taman dan parkir yang kurang terurus serta kolam yang tidak berfungsi. Saat ini area-area tersebut dalam proses penataan dan diharapkan akan selesai tepat waktu sebelum kedatangan Obama yang direncanakan tanggal 14 Juni mendatang.

Namun, Pemkab Badung memastikan bagian Pura tidak akan ada perubahan untuk menjaga kesakralannya. "Tidak akan dipermak. Bentuk aslinya tetap kami pertahankan, kalau dipermak kesakralannya berkurang," ujar I Ketut Sudikerta, Wakil Bupati Badung.

Namun, Sudikerta belum bisa memastikan apakah Obama jadi berkunjung ke Pura Uluwatu. "Semuanya masih tentatif, tapi masuk dalam daftar yang mungkin akan dikunjungi. Persiapan juga sudah kami lakukan sejak dini dan tidak perlu diragukan lagi," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com