Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Wisatawan Penasaran Lumpur Lapindo

Kompas.com - 01/06/2010, 19:33 WIB

SURABAYA,KOMPAS - Semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur yang kian memprihatinkan ternyata memunculkan rasa penasaran bagi wisatawan dalam negeri dan luar negeri.

Sebagian besar wisatawan domestik maupun mancanegara yang singgah di Surabaya selalu menyempatkan diri mengunjungi lumpur Sidoarjo. "Meskipun tak dipromosikan, setiap wisatawan yang mengunjungi Surabaya pasti ingin melihat fenomena lumpur Lapindo. Mereka penasaran," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Travel Indonesia Jatim Haryono Gondhosoewito di Surabaya, Selasa (1/6/2010).

Namun demikian, hingga saat ini ruas jalan menuju ke Porong, Sidoarjo masih terhambat dengan rusaknya jalan arteri serta tol Porong-Gempol akibat semburan lumpur.

Menurut Haryono, kerusakan jalan di jalur ini sangat mengganggu pariwisata Jatim. "Jika ruas jalan Surabaya-Malang, khususnya di ruas Porong lancar, peningkatan arus wisata dan ekonomi akan sangat signifikan. Tapi jika tetap dibiarkan seperti itu, potensi kerugian Jatim secara ekonomis semakin tinggi," kata Haryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com