Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Jumlah Wisman ke Jakarta Naik 36 Persen

Kompas.com - 12/05/2010, 21:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat pertumbuhan wisatawan asing di daerah khusus Ibukota Jakarta pada kuartal pertama 2010 (Januari-Maret) meningkat sebesar 36,7 persen dibanding periode sama tahun lalu, meski target wisatawan asing secara nasional belum tercapai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, Arie Budhiman kepada pers di Jakarta, Rabu mengatakan, meningkatnya wisatawan asing khususnya dari mancanegara karena Jakarta merupakan destinasi yang sangat menarik.

"Jakarta merupakan destinasi utama bagi wisatawan asing, karena berbagai kebudayaan yang dipamerkan sangat menarik bagi mereka," katanya.

Menurut dia Pemprov DKI Jakarta telah mempersiapkan semua daerah wisatanya meng-upgrade diri menjelang liburan panjang bagi wisatawan asing sehingga mereka merasa betah dan nyaman di Jakarta. "Karena itu Pemprov DKI terus berusaha memperbanyak atraksi-atraksi (even) yang menarik," ujarnya.

Ia mengatakan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta optimistis wisatawan asing pada kuartal kedua 2010 diperkirakan akan meningkat dibanding kuartal pertama 2010. "Peluang untuk meraih wisatawan asing pada kuartal kedua 2010 sangat besar dipicu oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun," katanya.

Ditanya mengenai hunian hotel, menurut dia hunian hotel pada tahun ini tumbuh antara 60 sampai 65 persen, karena permintaan tempat di hotel cukup ramai baik untuk konferensi maupun eksibisi.

"Jakarta memiliki daya tarik yang lebih baik bagi wisatawan asing untuk singgah dan berlibur, karena banyaknya tempat hiburan dan menginap yang lebih nyaman," katanya.

Apalagi, lanjut dia, Summarecon Kelapa Gading yang berada di Jakarta Utara berupaya mengubah jati diri untuk menarik wisatawan asing sangat mendukung program Pemda DKI di bidang pariwisata.

"Turis asing akan betah, karena ada hotel yang jaraknya tidak berjauhan dengan tempat belanja, kuliner dan kebudayaan Jakarta yang menarik, yang ada di Summarecon Kelapa Gading," ucapnya.

Hotel Harris

 Presdir Summarecon Agung Tbk, Johanes Mardjuki mengatakan, Hotel Harris yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo itu sangat mendukung minat turis asing datang ke Jakarta.

Karena lokasi hotel yang berdekatan dengan kegiatan Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) akan menarik wisatawan asing untuk melihat dan menikmati kegiatan JFFF itu, katanya.
Karena itu, menurut dia perkembangan pesat dari Summarecon Kelapa Gading menuntut hadirnya sebuah hotel sebagai tempat penginapan yang lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com