Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pulau di Aceh Kemungkinan Rusak Parah

Kompas.com - 07/04/2010, 11:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gempa dengan kekuatan di atas 7 skala Richter di Aceh diperkirakan menyebabkan guncangan kuat yang merusak daerah di sekitarnya. Daerah yang patut menjadi perhatian adalah wilayah berpenduduk padat yang paling dekat dengan pusat gempa.

Menurut pakar gempa dari Lembaga Ilmu Pengetahu Indonesia (LIPI), Dr Danny Hilman Natawijaya, ada dua pulau berpenduduk padat yang berada di pusat gempa. Danny yang lama melakukan penelitian kegempaan di Sumatera memperkirakan, kedua pulau mengalami dampak terparah.

"Desa Haloban di Pulau Tuanku dan Kecamatan Bale di Pulau Bale. Kemudian Kota terdekat adalah Singkil," kata Danny, saat ditanya daerah yang mungkin paling parah dampaknya, kepada Kompas.com, Rabu (7/4/2010).

Ia mengatakan, daerah tersebut juga perlu mendapat prioritas bantuan karena cukup terpencil untuk dijangkau. Danny mengatakan, kemungkinan Bale dan Singkil juga akan mengalami penurunan daratan akibat gempa tersebut.

Kedua daerah sudah tenggelam sampai 1 meter ketika gempa tahun 2005 dan diperkirakan akan turun lagi puluhan sentimeter sekarang ini. "Tapi, utamanya yang saya khawatirkan  adalah efek guncangannya," ujar Danny. Menurut dia, daerah-daerah berpenduduk padat harus segera dicek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com