Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saptono Calon Pemimpin Baru Kelompok Teroris

Kompas.com - 18/03/2010, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian memperkirakan akan ada pemimpin kelompok teroris baru pascaterbongkarnya latihan militer oleh kelompok teroris di Gunung Bun, Jalin Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Calon pemimpin baru yang diwaspadai polisi adalah tersangka teroris bernama Saptono alias Pak Tuo asal Bandung.

"Dia mempunyai potensi sangat tinggi memimpin aksi kelompok radikal bersenjata," ucap Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang di Mabes Polri, Kamis (18/3/2010).

Edward menjelaskan, Saptono adalah adik Jaja alias Pura Sudarman, anggota teroris yang tewas tertembak saat kontak senjata. Saat kontak senjata antara polisi dan kelompok teroris di lokasi latihan militer, Saptono tidak berada di lokasi sehingga dapat melarikan diri. Saat itu, posisi Saptono berada di Ma'tap di Kota Banda Aceh.

Selain itu, jelas Edward, pimpinan latihan kelompok Aceh yaitu Ustaz Abu Yusuf Al Mustaqin diduga kuat sedang terluka di bagian tangan akibat tertembak saat kontak senjata pada 4 Maret 2010. "Hasil sinergi analisis kegiatan human inteligence dan techno inteligence," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com