Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mereka Minta Tolong Diselamatkan

Kompas.com - 18/03/2010, 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Desakan ratusan calon tenaga kerja wanita (TKW) yang meminta dipulangkan dari rumah penampungan PT MMJA di Kawasan Muara Tanjung Barat, Jakarta Selatan, bukan tanpa alasan. Mereka bukan sekadar bosan menjalani hari-hari mereka tanpa aktivitas berarti di rumah penampungan. Lebih dari itu, mereka mencium ada gelagat mencurigakan dari pihak penyalur.

Marlin, salah seorang calon TKW yang ditemui Kompas.com di rumah penampungan, Kamis (18/3/2010), menuturkan, mereka mengalami perlakuan kasar, bahkan tindak kekerasan. "Ada yang diperkosa staf. Stafnya sekarang sudah dipecat. Teman saya itu sudah dipulangkan. Tapi sebelum dipulangkan, dia dipukul sampai berdarah. Sampai kami menangis semua lihatnya," ujar Marlin.

Masih menurut cerita Marlin, beberapa kali, tiga hingga empat orang dibawa pergi pada tengah malam dengan diam-diam. "Katanya mau dibawa ke Malaysia dari Batam. Tapi paspornya tidak dibawa. Mereka bawanya sedikit-sedikit, biar kami tidak tahu. Bawanya jam 11 malam, jam 3-4 dinihari," ungkap Marlin.

Wanita-wanita yang dibawa ke Batam itu menelepon Marlin beberapa hari lalu. "Mereka minta tolong diselamatkan. Saya tidak tahu nasibnya lagi bagaimana," kisah Marlin lagi.

Dengan kejadian ini, Marlin yang sebelumnya pernah bekerja di Malaysia meminta pertolongan dan menghubungi sejumlah kontak warga asal Sumba yang ada di Jakarta. Mereka meminta agar dibantu untuk dikeluarkan dari penampungan dan kembali ke kampung halaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com