Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kubu Raya Kekurangan Angkutan Sungai

Kompas.com - 15/03/2010, 11:28 WIB

KUBU RAYA, KOMPAS.com - Moda transportasi air dari dan menuju pedalaman Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat masih kurang. Padahal angkutan air masih menjadi moda yang diandalkan warga.

Salah satu rute panjang menuju pedalaman Kabupaten Kubu Raya, Senin (15/3/2010) adalah Rasau Jaya-Dabong-Bengkalang. Angkutan air yang menggunakan Sungai Kubu itu hanya dilayani satu perahu setiap hari, yakni jam 10.00 dari Rasau Jaya dan 07.00 dari Bengkalang.

Rasau Jaya-Bengkalang harus ditempuh selama sekitar lima jam perjalanan menggunakan perahu motor. Di rute ini, perahu menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Komoditas yang biasanya diangkut dari rasau adalah es batu sementara dari Bengkalang atau Dabong adalah kepiting, udang, dan ikan.

Salah seorang penumpang, Neneng (35) mengatakan, tak ada pilihan transportasi lain untuk menuju Sepau dan Bengkalang karena tidak ada jalan. Dari Dabong, masih ada jalan menuju Rasau Jaya, tetepi berupa jalan tanah. Rasau Jaya bisa dicapai sekitar satu jam perjalanan menggunakan jalan darat dari Pontianak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com