Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Rabies Bertambah

Kompas.com - 12/03/2010, 03:25 WIB

Medan, Kompas - Korban meninggal akibat gigitan anjing gila di Kota Gunungsitoli bertambah satu lagi. Kali ini menimpa Risnawati Zebua, warga Gunungsitoli. Ia masuk ke RSUD Gunungsitoli untuk mendapat perawatan pada hari Selasa (9/3) dan meninggal pada hari Rabu (10/3).

Dengan kematian Risnawati, jumlah korban meninggal akibat rabies di Gunungsitoli, sesuai keterangan resmi pemerintah, menjadi enam orang. Korban sebelumnya ialah Kepala Dinas Kesehatan Nias Utara Christian Zai (40) yang meninggal karena gigitan anjing peliharaannya.

Anggota Staf Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Bersumber Binatang (P3B2) Dinas Kesehatan Sumut, Junita Pandia, mengatakan, selama bulan Januari hingga Maret ini, jumlah gigitan anjing yang dilaporkan di Pulau Nias mencapai 150 kasus. Sebanyak 78 gigitan di antaranya terjadi di Kota Gunungsitoli.

Sedangkan vaksin antirabies (VAR) Verorab bantuan Departemen Kesehatan yang dikirim ke Pulau Nias hanya berjumlah 75 kuur.

”Jumlah VAR menjadi tak seberapa dibandingakan dengan kasus gigitan yang sudah terjadi,” kata Junita. Apalagi 75 kuur itu harus dibagi ke lima kabupaten/ kota di Pulau Nias dan RSUD Gunungsitoli.

Kepala RSUD Gunungsitoli Yulianus Mendrofa mengatakan, stok VAR di RSUD saat ini kosong, sementara jumlah pasien digigit anjing yang datang ke UGD rumah sakit mencapai 110 orang. ”Akhirnya pasien membeli sendiri vaksin antirabies di apotek di Gunungsitoli seharga Rp 640.000 per paket,” tutur Yulianus.

Para perawat dan petugas rumah sakit juga merasa takut merawat pasien karena mereka belum divaksin. ”Kami juga belum mempunyai ruang isolasi khusus untuk pasien rabies. Pasien masih dicampur dengan pasien lain,” tutur Yulianus.

Menurut Yulianus, telah ada usulan dari DPRD Kota Gunungsitoli untuk menganggarkan dana Rp 600 juta guna membeli vaksin. Selain untuk memvaksin pasien, dana itu juga untuk vaksin bagi petugas rumah sakit.

Yulianus mengatakan, pasien terakhir yang ditangani RSUD Gunungsitoli dan meninggal adalah bocah laki-laki bermarga Zulu (12), warga Jalan Gomo, Gunungsitoli. Namun, data belum masuk ke Dinas Kesehatan Sumut.

Ketua Dewan Kesehatan Rakyat Kabupaten Nias Onlyhu Ndraha yang dihubungi dari Medan mengatakan, banyak warga Nias juga mulai trauma ketika melihat anjing, seperti yang terjadi di Kecamatan Indanegawo. Menurut Onlyhu, saat warga melihat anjing, mereka beramai-ramai meringkus dan membunuh si anjing tanpa tahu apakah anjing terkena rabies atau belum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com