Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Harimau Terkam Kambing Dekat Kantor

Kompas.com - 12/02/2010, 11:41 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Dua ekor harimau Sumatera (Pantera Tigris Sumatrae) memangsa tiga kambing masyarakat di sekitar kompolek perkantoran Pemkab Kaur, Provinsi Bengkulu, Kamis (11/2) malam pada pukul 23.40 WIB.

"Kambing milik Syamsuri (31) yang tinggal di komplek perkantoran Pemkab Padang Kempas, Kecamatan Kaur Selatan itu, diketahui setelah menjerit dicekik harimau itu," kata Wakil Bupati Kaur Suarni Muhidin, Jumat.

Selama ini harimau itu sering muncul dan meresahkan warga masyarakat di Kecamatan Maje atau sekitar 25 Km dari komplek perkantoran Pemkab Kuar tersebut, namun kali ini muncul lagi dengan sasaran hewan ternak kambing.

Hal itu diketahui penjaga masing-masing kantor di komplek itu, dimana Syamsuri tinggal di sekitar kawasan itu dengan memiliki ternak kambing 33 ekor.

"Kami sudah berkoordinasi dengan petugas Balai Konservasi sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu dan instansi terkait di daerah itu, untuk pengusiran hewan langka itu," katanya.

Kepada masyarakat di Kabupaten Kaur, Suarni Muhidin mengarapkan tidak memburu rusa, karena rusa adalah salah satu makanan harimau tersebut, di samping selalu berhati-hati bila masuk hutan.

Kepala BKSDA Provinsi Bengkulu Andi Basrah melalui Kabag TU Supartono mengatakan, munculnya dua ekor harimau itu belum tentu yang sering diresahkan di Kecamatan Maje akhir-akhir ini.

Komplek perkantoran Pemkab Kaur itu sebelumnya adalah kawasan perkebunan masyarakat, namun sejak tiga tahun terakhir dibangun perkantoran, sedangkan di sekitarnya masih terdapat kebun kelapa sawit dan kebun cengkih.

"Kami akan berupaya untuk mengusir harimau itu, bila sudah meresahkan akan dilakukan penangkapan, karena komplek perkantoran itu adalah hutan masyarakat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com