Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Lampung, Dua Korban Tewas

Kompas.com - 25/01/2010, 01:31 WIB

LIWA,KOMPAS.com - Banjir bandang  yang terjadi Sabtu (23/1)  menewaskan dua warga Desa Hujung, Kecamatan Belalau, Lampung Barat, tiga orang hilang, serta merusak puluhan hektare sawah dan fasilitas lainnya.
    
"Korban tewas yang ditemukan dua orang, sedangkan tiga lainnya masih dalam pencarian tim," kata Kapolsek Belalau, Iptu Abdurahman, mendampingi Kapolres Lampung Barat AKBP Sugeng Suprijanto, di Liwa, Lampung Barat, Minggu.

Dia mengatakan, banjir yang terjadi Sabtu (23/1), akibat curah hujan yang tinggi pukul 11.00 sampai 15.00 WIB, mengakibatkan sungai di daerah itu meluap, menyapu rumah warga. "Dari kesaksian warga sekitar, banjir tersebut datang secara tiba-tiba, bahkan ganasnya banjir bandang tersebut menyeret enam  orang warga yang sedang beristirahat di salah satu pondokan," kata dia.
    
Lebih lanjut Abdulrahman menambahkan, banjir yang terjadi memang tergolong parah, selain merusak fasilitas umum seperti jembatan dan beberapa rumah warga, juga merendam puluhan hektare sawah. "Banjir cukup parah, ini disebabkan luapan sungai yang tidak mampu menampung debit air yang datang, sehingga dorongan arus air ditambah dengan material seperti batu dan kayu, kian merusak fasilitas yang ada," katanya.

Enam orang dari dua keluarga di Pekon (Desa) Hujung, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat menjadi korban derasnya banjir bandang. Keenam orang yang diseret banjir itu adalah dua pasang suami istri yaitu pasangan Daroji (35) dan Yusminar (28) serta  pasangan  Matrasik (45) dan Asmani  (35) beserta anaknya  Alvanesa (7) dan  satu korban selamat yaitu Khotman Johari (55).
    
Dua di antaranya telah ditemukan tewas yaitu sepasang suami-istri Daroji dan Yusmaniar. Mereka ditemukan warga berjarak dua kilo meter dari lokasi kejadian.  Satu orang ditemukan selamat dan tiga lainnya masih hilang.  

Daroji ditemukan warga, Minggu, sekitar pukul 09.00 WIB sedangkan istrinya ditemukan sekitar setengah jam setelah suaminya ditemukan, sementara Asmani dan Alvanesa hingga pukul 13.00 WIB  belum ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com