Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Kucurkan Rp 14 Miliar untuk Hijaukan Tol

Kompas.com - 24/01/2010, 12:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Minggu (24/1/2010) pagi, ambil bagian dalam proses untuk menghutankan jalan-jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga Tbk. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah dengan pihak swasta untuk mengurangi dampak perubahan iklim global.

Penanaman pohon dilakukan Menteri PU di Kilometer 21 pada ruas Tol Jakarta-Cikampek. Turut serta dalam prosesi penanaman itu Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, Sekretaris Jenderal PU Agoes Widjanarko, Wakil Bupati Bekasi, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Nurdin Manurung, dan Direktur Utama Jasa Marga Frans Sunito.

Sepuluh hari lalu ada pencanangan penanaman pohon trembesi oleh Presiden di Istana Negara. Presiden pun menyampaikan, di jalan tol, misalnya, sudah ada ruas jalan yang dihijaukan, tapi masih ada yang belum dihijaukan. "Saya lantas berinisiatif menghubungi Dirut Jasa Marga untuk menghijaukan tol-tol yang masih gersang," kata Djoko, ditemui seusai penanaman pohon trembesi.

Sampai hari ini, kata Djoko, di Tol Jakarta-Cikampek sudah ditanam sekitar 2.000 pohon trembesi. Jenis pohon lain yang akan ditanam adalah jatimas, sawo kecik, cemara, mahoni, beringin, dan akasia.

Dirut Jasa Marga mengatakan, tiap tahun Jasa Marga menanam sekitar 250.000 pohon. "Dana yang dialokasikan Jasa Marga juga cukup besar. Tahun 2010 dialokasikan Rp 14 miliar untuk penanaman pohon," katanya.

Dalam penanaman pohon, Jasa Marga bekerja sama dengan Ikatan Alumni UI, Salman ITB, BUMN se-Jawa Barat, Alumni IPB, jajaran kepolisian, Gerakan Pramuka, hingga sekolah-sekolah di sekeliling area tol.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com