Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Padam, Warga Ceburkan Mobil PLN ke Rawa

Kompas.com - 27/12/2009, 14:50 WIB

CALANG, KOMPAS.com — Ratusan warga Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, menghadang satu unit mobil operasional PLN Ranting Calang yang sedang melintas di kawasan itu dan kemudian mendorongnya ke rawa-rawa. Sebelumnya, sejumlah ibu-ibu juga mendatangi PLTD Calang untuk memprotes pemadaman listrik yang membuat mereka merasa sangat dirugikan.

Berdasarkan keterangan sejumlah warga setempat, aksi penghadangan mobil operasional PLN Ranting Calang yang terjadi pada Jumat (25/12/2009) malam lalu itu dilakukan sebagai bentuk protes atas seringnya pemadaman listrik di kawasan itu. “Kita kesal dengan ulah PLN yang sering melakukan pemadaman,” kata seorang warga setempat, Sabtu (26/12/2009).

Aksi penghadangan dilakukan warga saat mobil operasional PLN itu sedang dalam perjalanan dari Calang menuju Patek, Aceh Jaya. Ketika tiba di kawasan Lhok Buya, Kecamatan Setia Bakti, tiba-tiba mobil dihadang ratusan warga setempat. Sopir bersama seorang petugas PLN  yang ada di dalam mobil tersebut disuruh turun. Lalu, ratusan massa yang sebelumnya sempat melontarkan kata-kata bernada kritik terhadap PLN mendorong mobil ini ke kawasan rawa-rawa yang ada di pinggir jalan di lintasan Calang-Lamno itu.

Warga menyebutkan, aksi ini sebagai bentuk kekesalan dan kecewa karena selama ini listrik di wilayah mereka lebih banyak padam sehingga pelanggan dirugikan.

Sementara itu, Manager PLN Ranting Calang Affandi, yang dikonfirmasi kemarin, mengatakan, kedua petugasnya selamat dari aksi itu, sedangkan mobil milik PLN mengalami rusak dan sudah ditarik dari lokasi itu oleh polisi guna diamankan. “Kejadian mobil kita seperti ini sudah dua kali, mobil didorong oleh massa ke saluran,” jelasnya.

Menurutnya, petugasnya pada malam itu sedang dalam perjalanan guna menghidupkan listrik dari satu lokasi gardu ke gardu lain. Persoalan listrik yang sering padam selama ini diakuinya akibat kurangnya pasokan listrik. “Pemadaman ini karena ada pemeliharaan di PLTD Seunebok sehingga mengalami defisit arus,” katanya.

Sementara itu, pada Jumat sore, puluhan ibu-ibu dari Desa Gampong Blang, Kecamatan Kreung Sabe, Aceh Jaya, melancarkan demo ke PLTD Calang. Mereka datang menyampaikan kekecewaannya karena listrik sering padam sehingga mereka merasa sangat dirugikan. Namun, aksi ini bubar setelah diberikan penjelasan dari pejabat di PLTD Calang. (RIZ)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com