Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Tanam 400.000 Pohon di Lamongan

Kompas.com - 03/12/2009, 14:11 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com — Aksi Menanam Serentak 400.000 pohon di Lamongan ditandai dengan penanaman pohon bibit mahoni di Desa Lawangan Agung, Kecamatan Sugio, oleh Bupati Lamongan Masfuk, Kamis (3/12).

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lamongan Djonot Subagijo menyampaikan, jumlah bibit yang akan ditanam serentak di seluruh Lamongan sebanyak 392.258 batang.

Bibit yang ditanam di luar kawasan hutan di antaranya jenis jati, glodokan, sawo kecik, mahoni, sawo, dan sukun. Di kawasan hutan akan ditanam sekitar 3 juta batang pohon.

Bupati Lamongan Masfuk berharap agar masyarakat tidak menganggap pelestarian lingkungan hanya kewajiban pemerintah. Kelestarian lingkungan juga harus menjadi kepedulian bersama, antara pemerintah, masyarakat, dan unsur lain, seperti TNI dan organisasi kemasyarakatan.  

"Jangan sampai anak cucu kita sengsara karena ketidakpedulian kita. Malapetaka kalau masyarakat menganggap kewajiban menanam dan pelestarian lingkungan hanya di pundak pemerintah atau TNI semata," tuturnya.

Menurut dia, Indonesia adalah negara yang memiliki potensi besar untuk menjadi kaya raya. Namun, jika apa yang dimiliki Indonesia saat ini tidak bisa dijaga bersama-sama, bayangan kekayaan tersebut tidak akan pernah terwujud. "Sama seperti Lamongan, anggaplah sebagai rumah bersama yang harus sama-sama dijaga dan dilindungi," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com