Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Endro Sumardjo Tutup Usia

Kompas.com - 16/11/2009, 17:41 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Indonesia kembali kehilangan tokoh olahraga, yaitu Endro Sumardjo. Mantan Wakil Ketua Umum PB PGSI ini meninggal dunia pada usia 69 tahun di Jakarta, Senin (16/11) pukul 07.15 WIB akibat gagal ginjal. Ia meninggalkan seorang istri dan tiga anak. Jenazah almarhum dikebumikan siangnya di TPU Jeruk Puruk, Jakarta Selatan.  

Semasa hidupnya, Endro Sumardjo yang cukup dikenal kalangan wartawan olahraga bukan hanya menjadi pengurus gulat tetapi juga menjadi Wakil Ketua Badan Tim Nasional PSSI di era kepemimpinan Azwar Anas. Mantan Dirjen Dikluspora Depdiknas ini juga pernah menjadi Manajer Tim PSSI Primavera tahun 1995 yang beranggotakan pemain nasional di antaranya Kurniawan Dwi Julianto, Alexander Pulalo, Kurnia Sandy.

"Terus terang, kita kehilangan salah satu tokoh gulat terbaik. Dan, kita turut berduka atas kepergian beliau yang semasa hidupnya mengabdi untuk kepentingan dunia olahraga Indonesia," kata Ketua Umum PB PGSI, Wafid Muharam, usai pemakaman.

Sementara itu, Sekjen PSSI Nugraha Besoes mengakui bahwa peran Endro Sumardjo bagi persepakbolaan di Tanah Air tidak bisa dianggap remeh. "Pak Endro Sumardjo itu sangat berperan meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia, apalagi beliau membawa tim PSSI Primavera menjadi sebuah tim yang disegani di Asia era 1995," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com