Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TV Digital dan Empat Monitor

Kompas.com - 04/11/2009, 04:40 WIB

Di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi, penayangan informasi digital, termasuk tayangan video digital, akan menjadi sentra penting keseluruhan kemajuan tersebut. Di sisi hiburan digital tayangan definisi tinggi akan menjadi bagian dari lingkungan kita, sedangkan dari sisi informasi yang terus meningkat secara eksponensial memiliki monitor lebih dari satu menjadi sebuah kebutuhan.

Leadtek Research Inc, perusahaan Taiwan yang memproduksi berbagai produk prosesor grafik, menyadari kalau tayangan monitor di era digitalisasi terlalu penting untuk diabaikan. Ini antara lain yang mendorong perusahaan itu memproduksi Leadtek Winfast DTV 1800H sebagai kartu antarmuka terestrial digital.

Menggunakan DTV 1800 H ini, memungkinkan penggunanya untuk menonton televisi digital atau mendengarkan radio digital pada sebuah komputer desktop. Fitur yang ditanamkan dalam produk ini pun cukup lengkap seperti halnya perangkat TV yang dijajakan sebagai produk konsumen elektronik.

Menggunakan perangkat cip Conexant CX 23880-39 dan Zarlink 10353 memungkinkan perangkat ini untuk melakukan penguraian sistem tata suara stereo dan bisa langsung disambungkan ke solusi audio dalam komputer sehingga tak perlu mengulur kabel di belakang komputer yang digunakan.

Empat monitor

Produk lain yang tidak kalah menarik buatan Leadtek adalah Nvidia Quadro NVS440 yang mampu untuk menghubungkan empat monitor secara bersamaan dan mampu menghasilkan resolusi maksimum 1920 x 1600 piksel. Penggunaan monitor lebih dari dua di era informasi digital sekarang ini memang menjadi penting dan akan tumbuh pesat dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Dari beberapa percobaan menghubungkan Quadro NVS400 ini dalam berbagai ukuran monitor, memungkinkan pengguna untuk memisahkan informasi digital sesuai prioritas, sesuai subyek, atau keperluan lainnya. Bahkan, salah satu monitor digunakan untuk tayangan video digital, Quadro NVS400 mampu menayangkannya secara halus tanpa jeda.

Memang kartu antarmuka pemroses grafik buatan Leadtek ini menjadi kebutuhan di lingkungan bisnis untuk memisahkan berbagai informasi yang harus dikelola secara cepat dan mudah diidentifikasi. Dengan semakin terjangkaunya harga monitor yang disediakan di pasaran, akan ada kebutuhan yang tumbuh di kalangan konsumen untuk juga mulai memanfaatkan tayangan empat monitor guna memudahkan penyerapan informasi digital. (rlp)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com