Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GP Anshor Kediri Kirimkan Tukang ke Daerah Gempa

Kompas.com - 06/10/2009, 18:31 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com — Selain mengirimkan bantuan kepada korban gempa bumi di Provinsi Sumatera Barat berupa uang tunai, pakaian, dan makanan, Gerakan Pemuda Anshor Kabupaten Kediri, Jawa Timur, juga berencana mengirim tukang batu dan tukang kayu. Tujuannya untuk membantu rehabilitasi bangunan rumah dan fasilitas umum pascabencana.

"Kalau relawan untuk evakuasi korban, sepertinya jumlahnya yang ada saat ini sudah cukup. Selain itu, kami mendengar pemerintah telah menghentikan pencarian korban dan mulai fokus pada kegiatan pemulihan pascabencana," ujar Ketua Gerakan Pemuda Anshor Kabupaten Kediri Abdul Hasyim, Selasa (6/10).

Pengiriman tenaga sukarelawan dengan keahlian khusus sebagai tukang dinilai lebih mengena. Alasannya, kerusakan bangunan yang terjadi di Kota Padang dan di Kabupaten Padang Pariaman sangat parah. Banyak rumah warga, gedung perkantoran, dan tempat kegiatan bisnis luluh lantak.

Jumlah tenaga tukang yang dikirim belum bisa ditentukan, mengingat pemilik keahlian tersebut terbatas. GP Anshor Kediri mengaku membutuhkan waktu sedikitnya satu bulan untuk proses perekrutan sukarelawan tenaga tukang yang siap dikirim ke lokasi bencana.

Adapun untuk pemberangkatannya, GP Anshor telah menjalin kerja sama dengan TNI Angkatan Laut, khususnya Armatim, yang memfasilitasi alat transportasi bagi sukarelawan.

"Kami sudah berpengalaman mengirimkan tenaga sukarelawan ke sejumlah daerah bencana. Kami rasa tidak akan ada masalah untuk transportasinya," kata Abdul Hasyim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com