Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangan Bergizi untuk Korban Gempa

Kompas.com - 01/10/2009, 12:23 WIB

KOMPAS.com - Hari-hari pertama pascagempa bantuan bahan pangan untuk para pengungsi adalah hal yang penting untuk dipenuhi. Bantuan pangan yang diberikan sebaiknya mengandung unsur karbohidrat dan protein

Hal tersebut diungkapkan oleh Prof.Ali Khomsan, dari Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor. Menurutnya, mie instan merupakan pilihan yang baik karena merupakan sumber karbohidrat yang utama dan rasanya enak. Selain itu mie instan memenuhi prinsip pertama dalam bantuan darurat, "Cara memasaknya mudah," katanya saat dihubungi Kompas.com.

Sumber karbohidrat lain adalah beras dan oatmeal. Namun mengingat keterbatasan di tempat pengungsian, beras butuh waktu pemasakan yang lebih lama. Sementara itu oatmeal, meski merupakan sumber serat, namun harganya relatif mahal.

Prof.Ali juga mengingatkan pentingnya makanan untuk anak-anak. "Anak-anak tentu perlu biskuit yang mudah dikunyah," katanya. Sementara itu sebelum memberi bantuan susu, dia mengingatkan ketersediaan air bersih di pengungsian. "Susu untuk anak di sini kebanyakan dalam bentuk bubuk, padahal tanpa air bersih susu justru bisa menimbulkan diare, bahkan kematian," katanya.

Untuk bayi berusia kurang dari setahun, Prof.Ali menyarankan agar bayi tetap mendapatkan air susu ibu (ASI). Selain lebih padat gizi, ASI sudah pasti higienis. 

Di samping sumber karbohidrat, Prof.Ali juga mengingatkan pentingnya protein. Protein memiliki fungsi yang banyak di tubuh manusia, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber protein yang mudah dan lebih awet antara lain telur dan ikan asin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com