Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata Baturaden Masih Favorit

Kompas.com - 23/09/2009, 18:21 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com  - Jumlah pengunjung Lokawisata Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengalami lonjakan drastis pada libur Lebaran 2009. "Hari Rabu ini,  jumlah tiket yang terjual sudah lebih dari 15.000 lembar," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Lokawisata Baturaden, Sudarto di Banyumas, Rabu (23/9).

Menurut Sudarto, hal itu membuktikan bahwa lokawisata di lereng Gunung Slamet masih menjadi daerah tujuan wisata favorit saat libur Lebaran meski banyak obyek wisata yang menawarkan berbagai hiburan.

Puncak kunjungan wisata ke Baturaden terjadi pada Selasa (22/9) dengan jumlah tiket yang terjual mencapai lebih dari 20.000.

Sudarto sempat khawatir terjadi penurunan jumlah pengunjung ke Baturaden pasca peningkatan aktivitas Gunung Slamet. Selain itu, kenaikan harga tiket masuk dari Rp 3.000 menjadi  Rp 7.500 juga dikhawatirkan berdampak pada penurunan jumlah pengunjung.

"Harga tiket masuk Lokawisata Baturaden dinaikkan, tetapi itu tidak berpengaruh terhadap tingkat kunjungan, bahkan jumlah pengunjung jauh lebih banyak dibanding Lebaran tahun sebelumnya," kata Sudarto.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyumas Abdullah mengatakan, pihaknya berusaha menarik menarik kunjungan wisatawan dengan memberikan kenyamanan dan rasa aman terhadap pengunjung.

"Kalau dalam hal wahana wisata, kami tidak bisa memberikan tambahan yang berlebih. Untuk itu, kami berupaya meningkatkannya dalam hal lain, yaitu pengamanan Lokawisata Baturaden," katanya.  Pengamanan di Lokawisata melibatkan pula TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Linmas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com