Gempa, Pengunjung Mall Tangerang Berhampuran

Kompas.com - 02/09/2009, 15:56 WIB
Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Para pengunjung mal di kawasan Cikokol, Kota Tangerang, Banten, berhamburan ke luar  ruangan ketika gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) berpusat di Tasikmalaya, Jawa Barat, juga terasa mengguncang wilayah ini.
     
"Pengunjung berebutan ke luar ruangan menyelamatkan diri mereka khawatir bangunan roboh," kata Ny. Dasnawati (36), ibu rumah tangga warga Kota Tangerang yang sedang berbelanja dihubungi, Rabu (2/9).
    
Dia menyebutkan, selain berebut menuju pintu keluar para pengunjung juga berteriak histeris karena televisi ukuran besar yang berada di mal itu bergerak kencang.
    
Menurut dia, anaknya menangis setelah melihat banyaknya pengunjung yang berebut menyelamatkan diri untuk dapat cepat menuju tanah lapang dan areal parkir.
    
Petugas bagian penerangan pada mal tersebut berupaya untuk menenangkan pengunjung melalui pengeras suara, namun lima menit kemudian warga kembali masuk ke pusat perbelanjaan tersebut.
    
Pemandangan serupa juga terjadi di mal Karawaci dan pusat perbelanjaan di Ciledug, Kota Tangerang, mereka berupaya menyelamatkan diri. Sebagian pengunjung memilih pulang meski barang belanjaan belum seluruhnya dibeli.
    
Warga di Kompleks Perumnas Karawaci juga berteriak sambil lari ke luar rumah. Mereka menyelamatkan diri karena ada jendela kaca yang pecah.
    
Demikian pula penduduk kompleks Perumahan Aster, Kecamatan Cibodas Tangerang, mereka berlarian menuju masjid terdekat dan tanah lapang.
    
Walau begitu, hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Pemkot Tangerang tentang adanya rumah penduduk yang roboh atau korban luka akibat gempa.
    
Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) itu berpusat di barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, dan berpotensi tsunami. Gempa terjadi pukul 14.55 WIB.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.