Tahun Depan, Sharp Tambah Perakitan Televisi LCD di Indonesia

Kompas.com - 26/08/2009, 15:13 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Optimistis melampaui krisis keuangan global, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) mendengungkan kembali rencana menambah perakitan televisi LCD di Indonesia. "Oktober nanti ada tim dari Jepang yang melakukan studi feasibility. Mungkin realisasinya tahun depan," kata Asisten General Manajer Home Appliances SEID Andry Adi Utomo saat dikonfirmasi Rabu (26/8).

Sebelumnya, pada hari sama, Presiden Direktur SEID Fumihiro Irie mengemukakan rencana itu kepada pers dalam kesempatan Hari Kelulusan Program Pelatihan Teknis Televisi Sharp.

Tren permintaan konsumen untuk produk televisi berlayar kristal cari meningkat dari tahun ke tahun. Pasalnya, kualitas gambar televisi LCD jauh lebih baik ketimbang televisi berlayar tabung (CRT). "Sudah begitu, harga televisi LCD makin hari makin murah," kata Andry.

Sementara itu, tahun lalu riset yang dilakukan iSupply menunjukkan Asia Tenggara adalah pasar menjanjikan untuk televisi LCD. Dalam hitung- hitungan iSuppli, penjualan televisi LCD di Asia Tenggara akan meningkat menjadi 13,5 juta unit pada 2012. Pada 2007, sudah terjual  1,6 juta unit televisi LCD.

Kalau mau dibandingkan, kemudian, angka tersebut menunjukkan pasar mampu meraih pertumbuhan tahunan rata-rata 53,9 persen. Pertumbuhan volume penjualan (unit) televisi LCD dibarengi pula dengan pertumbuhan pendapatan.

Selanjutnya, iSuppli memperkirakan, pada 2012 pendapatan televisi LCD Asia Tenggara akan menembus 6,3 miliar dollar AS. Angka ini naik rata- rata 38,6 persen per tahun dari 1,2 miliar dollar AS, dua tahun silam.

Kemudian, seturut catatan yang dikumpulkan kompas.com, SEID hingga kini baru memiliki satu jalur perakitan televisi LCD di pabriknya di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Jalur itu itu bisa menghasilkan 2.500 unit televisi LCD. Penambahan hingga empat jalur bakal mendongkrak produksi hingga 10.000 unit per bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini, konsumen sudah bisa memiliki sebuah televisi LCD ukuran 29 inchi dengan duit sekitar tiga hingga lima juta rupiah. Sebelumnya, beberapa tahun silam, untuk sebuah televisi seperti itu, konsumen butuh persiapan dana belasan hingga dua puluhan juta.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X