Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HIV/AIDS Kabupaten Badung Kian Mengkhawatirkan

Kompas.com - 21/05/2009, 11:52 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Jumlah penderita HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Badung, Bali, semakin meningkat dengan menjamah ibu rumah tangga dan bayi yang dilahirkannya.
    
"Meskipun jumlah penderita hilangnya kekebalan daya tubuh di Badung menempati urutan ketiga setelah Buleleng dan Denpasar, namun tetap memerlukan penanganan yang serius agar penyakit yang mematikan itu dapat ditekan sekecil mungkin di masa mendatang," kata Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta yang juga Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) setempat di Denpasar, Kamis (21/5).
    
Ia mengatakan, penderita hilangnya kekebalan daya tubuh tercatat 454 kasus, yang terdiri atas terjangkit virus HIV 178 orang dan telah menginjak AIDS 276 orang. Dari kasus sebanyak itu, 37 orang di antaranya diketahui telah meninggal dunia.
    
Melalui upaya pembangunan bidang kesehatan secara maksimal dan kegiatan malam renungan AIDS Nusantara, hal itu diharapkan mampu membangun kesadaran sosial untuk menekan sekecil mungkin kasus-kasus penyakit. Upaya tersebut melibatkan berbagai pihak, jajaran pemerintah, swasta, organisasi sosial, para siswa, dan kelompok-kelompok peduli HIV/AIDS.
    
"Hal itu dilakukan dengan menyatukan visi dan kerja keras untuk menekan secara maksimal penularan dan penyebaran virus yang mematikan itu," kata Wabup Sudikerta.
    
Kabag Humas dan Protokol Pemkab Badung Drs I Gede Wijaya MM menambahkan, berbagai upaya dilakukan untuk menghindari semakin meluasnya penularan virus HIV/AIDS. Upaya tersebut antara lain membangun solidaritas, sekaligus memberi harapan dan semangat kepada mereka yang terinfeksi HIV/AIDS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com