Buruh di Yogyakarta Ikut Turun ke Jalan

Kompas.com - 01/05/2009, 10:05 WIB
Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah elemen proburuh di Yogyakarta pada hari ini berencana turun ke jalan. Aksi pertama dilakukan oleh puluhan orang yang mengatasnamakan diri Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP), Kamerad, dan Serikat Pekerja Carrefour Indonesia, dan PLU Satuhati, di Plaza Ambarukmo, Jalan Laksda Adisutjipto.

Sedikitnya ada tujuh persoalan yang mereka kemukakan, antara lain, masih adanya praktik penghisapan buruh di tempat kerja, upah tidak sesuai UMR, tidak ada cuti terkait reproduksi, intimidasi, dan diskriminasi seksual, serta ancaman PHK akibat kondisi keuangan. "Sebagian buruh juga masih bekerja di atas delapan jam, dengan loyalitas yang tidak dibayar," ujar Yudi Fajar Koordinator PPRP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.