Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Tetap Unggul di Purbalingga dan Banyumas

Kompas.com - 15/04/2009, 20:11 WIB

PURBALINGGA, KOMPAS.com — Hingga Rabu (15/4) sore, sebagian besar panitia pemilihan kecamatan di wilayah Banyumas dan Kebumen belum menyerahkan hasil rekap penghitungan suara pemilihan umum legislatif kepada komisi pemilihan umum kabupaten. Akibatnya, rekap suara di tingkat kabupaten diperkirakan molor sehari dari jadwal yang ditentukan.

Anggota KPU Banyumas, Dodot Widodo Al Widodo, mengatakan, hingga Rabu sore, baru dua dari 27 kecamatan di Banyumas yang sudah menyerahkan hasil rekap suara. Sebanyak dua kecamatan itu yakni Purwojati dan Purwokerto Barat.

"Yang lain kami masih menunggu. Baru ada 10 PPK yang menyatakan siap menyerahkan hasil rekap suara sebelum pukul 24.00 Rabu malam. Lainnya mungkin baru tanggal 16 April," ujar Dodot.

Sedianya, penghitungan suara manual di KPU kabupaten dimulai tanggal 15 April, dengan asumsi semua PPK sudah menyerahkan hasil rekap suara pada tanggal itu. Namun, ternyata perkiraan itu meleset karena penghitungan suara di tingkat tempat pemungutan suara, desa, maupun PPK lebih lama dari yang diperkirakan.

"Kendalanya pada pengadministrasian yang sangat rumit dalam rekap suara ini, apalagi di Banyumas ada 27 kecamatan, terbanyak di Jawa Tengah. Jadi, sedikit molor," kata dia.

Anggota KPU Kebumen, Paulus Widiantoro, mengungkapkan, KPU Kebumen hingga tanggal 15 April juga belum menerima semua hasil rekap dari PPK. KPU Kebumen baru akan memplenokan rekap suara kabupaten tanggal 18 April. Tanggal 19, hasil pleno baru akan dibawa ke KPU Jateng.

Berbeda dengan di Banyumas dan Kebumen, di Kabupaten Purbalingga, semua hasil rekap suara PPK sudah masuk ke KPU setempat. Anggota KPU Purbalingga, Sudarman, mengatakan, siap untuk menyerahkan hasil rekap sesuai jadwal ke KPU Jateng setidaknya tanggal 18 April.

Dari hasil perhitungan sementara, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan masih unggul di wilayah Purbalingga untuk caleg DPR. Dari 318.576 suara sah yang masuk, PDI-P meraih 80.387 suara atau 25,2 persen. Suara terbesar disumbangkan anggota DPR Ganjar Pranowo yang meraih 29.060 suara, sedangkan grand master catur Utut Adianto, caleg DPR dari PDI-P lainnya, mengumpulkan 8.232 suara.

Partai Demokrat di tempat kedua dengan mengumpulkan 49.274 suara atau 15,4 persen. Disusul Partai Kebangkitan Bangsa dengan 21.966 suara, Partai Golkar 21.764 suara, Partai Keadilan Sejahtera 20.440 suara, dan Partai Persatuan Pembangunan 15.484 suara.

PDI-P juga unggul sementara di Kabupaten Banyumas dengan perolehan 82.432 suara, disusul Partai Demokrat 62.335 suara, PAN 31.606 suara, Golkar 31.416 suara, PKS 17.344 suara. PKB yang pada Pemilu 2004 lalu masuk empat besar di Banyumas justru disalip Partai Gerakan Indonesia Raya yang meraup 15.625 suara, sedangkan PKB hanya 13.740 suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com