Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Kristiani Papua Rayakan Jumat Agung

Kompas.com - 10/04/2009, 06:02 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com- Umat Kristiani di seluruh Papua merayakan Jumat Agung, yakni perayaan untuk mengenang sengsara dan wafat Yesus Kristus yang diimani sebagai Juru Selamat dunia.

Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pascapemberian suara pada Pemilu 9 April yang kondusif  menyebabkan  banyak umat Kristiani tidak merasa takut keluar dari rumah menuju gereja untuk beribadah.

Di Paroki Kristus Juru Selamat Kotaraja, Jayapura, umat Katolik bersiap-siap melaksanakan ibadat Jalan Salib, yang merupakan napak tilas sengsara dan wafatnya Yesus Kristus  lebih dari 2.000 tahun yang lampau.

Sehari sebelumnya, pada Kamis (9/4) pukul 18.00 WIT umat Katolik merayakan Malam Kamis Putih yang merupakan perayaan iman mengenang perjamuan terakhir antara Yesus dan para muridNya.

Misa Kamis Putih di di Gereja Kkristus Juru Selamat dipimpin Pastor Laurensius Minipko, MSC dihadiri sedikitnya 2.000 umat Katolik di wilayah Kotaraja, Distrik Abepura.

Perayaan Jumat Agung, tidak hanya berlangsung di gereja-gereja Katolik, tetapi juga dirayakan jemaat Kristen Protestan di seluruh tanah Papua. "Situasi keamanan di Jayapura kondusif, sehingga kami dapat leluasa pergi ke gereja untuk beribadah Jumat Agung. Perayaan ini merupakan salah satu ibadah terbesar dalam gereja selain Natal yang merupakan pesta kelahiran Yesus Kristus," kata salah seorang warga umat Kristiani, Maksimus Solo.

Dia mengakui kalau sehari sebelumnya Kamtibmas di wilayah Distrik Abepura cukup mencekam karena sekelompok warga menyerang kantor Kepolisian Sektor Abepura dan terjadi kebakaran di Rektorat Universitas Negeri Nusa Cendana (Uncen). Namun aparat keamanan dapat mengambil tindakan tegas sehingga situasi kemasyarakatan berlangsung kondusif.

"Situasi yang aman dan kondusif inilah yang menyebabkan umat Kristiani secara leluasa menjalankan ibadah Paskah dan umat beragama lain pun dapat menjalankan aktivitas mereka dengan tenang," kata Maksimus.

Hingga Jumat pagi ini, situasi Kamtibmas di kawasan Abepura kondusif. Masyarakat umum menjalankan aktivitas harian dengan tenang tanpa merasa takut akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tampak angkutan  umum dalam kota dan antardesa  beroperasi secara normal, pasar-pasar umum dipadati warga untuk berbelanja dan pertokoan dan kios-kios warga yang menjual kebutuhan sehari-hari dibuka seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com