Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Empat Semburan Gas Baru di Sidoarjo

Kompas.com - 02/03/2009, 17:33 WIB

SIDOARJO, SENIN — Empat titik semburan gas (bubble) baru ditemukan di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (2/3). Dua titik berada tepat di aliran Sungai Ketapang, Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Dua bubble lainnya juga ditemukan di Desa Siring dan Desa Pamotan, Kecamatan Porong. 

Menurut Suwarno (45), warga RT VIII, RW 1, Desa Ketapang, yang rumahnya berjarak sekitar tujuh meter dari bubble baru itu, penemuan bubble terjadi secara tidak sengaja. Di tengah-tengah Sungai Ketapang muncul gelembung-gelembung kecil. Setelah menghubungi petugas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS), dipastikan jika gelembung tersebut merupakan semburan gas.

"Salah satu bubble yang berada di tepian sungai langsung terbakar saat kami dekatkan dengan korek api yang menyala," ucap Suwarno.

Menurut Kepala Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo Achmad Zulkarnain, munculnya keempat bubble itu berbarengan dengan matinya dua bubble di Desa Siring yang terdapat 19 bubble. Pihaknya masih menyelidiki adanya dugaan pergeseran semburan gas di wilayah tersebut. Zulkarnain mengatakan, kondisi bubble tersebut belum berada dalam taraf membahayakan.

Sejauh ini, sudah terdapat 104 bubble di Sidoarjo. Bubble tersebut mengandung gas metana yang mudah terbakar.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com