Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penciptaan Wirausaha Kurangi Pengangguran

Kompas.com - 24/02/2009, 18:22 WIB

JAKARTA, SELASA - Tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran merupakan masalah utama di Indonesia. Penciptaan lapangan kerja merupakan salah satu solusi untuk mengurangi pengangguran dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Penciptaan wirausaha-wirausaha muda baru akan membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, kata Ketua Dewan Pengawas Mien R Uno Foundation Sandiaga S Uno saat penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal wal Tamwil Tadbiirul Ummah (KBMT Tadbiirul Ummah) di Jakarta, Selasa (24/2).

Mien R Uno Foundation memfasilitasi pembiayaan usaha mikro dan kecil terutama bagi wirausaha muda yang bergerak di sektor agribisnis. Ini adalah upaya yayasan tersebut untuk memberdayakan generasi muda dan mengurangi pengangguran.

Penandatanganan MoU ini merupakan bagian dari upaya dan komitmen untuk mengurangi pengangguran di Indonesia, kata Ketua Mien R Uno Foundation Indra Uno.  

Melalui kerjasama ini, Mien R Uno Foundation dan KBMT Tadbiirul Ummah akan menyediakan fasilitas pembiayaan bagi usaha mikro dan kecil untuk mengembangkan usahanya.

Komitmen pembiayaan ini diharapkan dapat menjembatani para wirausaha muda di sektor usaha mikro dan kecil yang masih belum memperoleh a kses kredit kredit ke bank. Selain memberikan fasilitas pembiayaan, Mien R Uno Foundation juga akan memfasilitasi para wirausaha muda melalui kegiatan dan pendampingan.  

Mien R Uno Foundation juga memberi bantuan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi namu n memiliki keterbatasan ekonomi melalui Yayasan Karya Salemba Empat dan Universitas Paramadina, termasuk beberapa mahasiswa program pasca sarjana yang diberikan beasiswa untuk menyelesaikan studinya di luar negeri.

Rektor Universitas Paramadina Anies Baswe dan mengatakan, banyak sekali anak Indonesia yang memiliki potensi untuk maju namun tidak memiliki kesempatan belajar karena keterbatasan ekonomi, terutama anak-anak daerah.

Selain diberi beasiswa hingga mencapai gelar sarjana, mahasiswa-mahasiswa tersebut juga diberi bekal kompetensi suoaya percaya diri ketika memasuki dunia kerja.

"Kami berharap para mahasiswa ini dapat berkembang menjadi wirausaha-wirasusaha muda yang percaya diri dan handal yang kelas dapat membuka lapangan pekerjaan," kata Mien R Uno.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com