Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Abhisit Kunjungi Sekretariat ASEAN Jakarta

Kompas.com - 21/02/2009, 09:53 WIB

JAKARTA, SABTU — Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva, Sabtu (21/2), mengunjungi Sekretariat ASEAN, Jakarta, dan akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan.

"Saya dan jajaran Sekretariat ASEAN mendapat kehormatan untuk menerima Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva," ujar Pitsuwan dalam siaran pers yang diterima redaksi Kompas.com, kemarin.

Di markas ASEAN tersebut, Vejjajiva akan menyampaikan pidatonya di hadapan komunitas diplomat di Indonesia dan media nasional dan internasional. Sebelum mengunjungi Sekretariat ASEAN, kemarin Vejjajiva juga bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla di Istana Presiden dan Wakil Presiden, Jakarta.

Dalam pertemuan dengan Presiden SBY, Vejjajiva membahas kerja sama ekonomi di tengah krisis keuangan global yang memukul hampir semua negara di dunia. Selain itu, kedua negara juga sepakat mendorong upaya bersama di tingkat regional dan multilateral untuk mencari jalan keluar krisis.

Kepada Wapres Kalla, Vejjajiva juga mengucapkan terima kasih atas peran serta Indonesia yang membantu Thailand terkait situasi memanas di kawasan selatan negara Gajah Putih tersebut.

Sebelum Vejjajiva, seminggu sebelumnya Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya juga mengunjungi Sekretariat ASEAN dan bertemu dengan Surin Pitsuwan. Selain Vejjajiva, mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra dan Chuan Leekpai juga pernah bertandang ke markas ASEAN, masing-masing pada bulan Januari 2002 dan April 1993.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com