Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponari Kadang "Over Acting"

Kompas.com - 18/02/2009, 15:19 WIB

JAKARTA, RABU — Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) Seto Mulyadi mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan konsultasi psikologi kepada Muhammad Ponari (9), asal Jombang, Jawa Timur, yang dianggap punya kemampuan menyembuhkan berbagai penyakit.
    
Kak Seto menuturkan, beberapa hari yang lalu dia telah mengunjungi dan berdialog langsung dengan Ponari di Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang. "Satu atau dua hari mendatang kami akan kembali ke sana untuk memberikan semacam konsultasi," kata psikolog itu.
    
Ia mengatakan, konsultasi tersebut diberikan karena kepopuleran mendadak dan ekspose media yang berlebihan telah memengaruhi kondisi psikologis Ponari. "Pastinya dia stres karena selalu dikerubungi banyak orang, stresnya tidak berat, tapi kalau terus dibiarkan akan memengaruhi jiwanya," kata kak Seto.

Tanda-tanda stres seperti kemunduran tingkah laku, kata dia, mulai terlihat pada siswa sekolah dasar yang belakangan didatangi ribuan warga karena kemampuan menyembuhkan yang dia miliki itu.
    
"Sebelumnya dia biasa main sendiri, tapi sekarang minta digendong terus, kadang dia over acting. Dia juga jadi agak trauma dengan kamera," katanya.
    
Ia menambahkan, hingga kini anak itu belum bisa kembali bersekolah karena warga yang minta diobati masih terus berdatangan ke rumahnya dan berharap bisa menemuinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com