Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponari Harus Dilindungi

Kompas.com - 13/02/2009, 08:40 WIB

MAGELANG, JUMAT — Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta berbagai pihak terkait untuk memberikan perlindungan kepada Ponari, bocah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang mampu menyembuhkan penyakit dari eksploitasi.
    
"Pemerintah daerah melalui instansi terkait harus segera mengambil langkah-langkah konkret untuk melindungi Ponari," kata Sekretaris KPAI Hadi Supeno di Magelang, Jumat (13/2).
    
Sejak beberapa waktu terakhir, ribuan orang dari berbagai tempat setiap hari berjubel di sekitar tepat tinggal Ponari di Jombang untuk mendapatkan penyembuhan dari anak itu.
    
Di antara mereka bahkan harus menunggu hingga beberapa hari untuk disembuhkan Ponari, sedangkan aparat diturunkan untuk mengatur situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di sekitar rumah anak itu.
    
Hadi Supeno menyatakan, Ponari harus mendapatkan perlindungan, baik secara fisik maupun psikis, supaya tidak kehilangan hak-haknya sebagai anak.
    
"Pak bupati harus bertindak mengamankan, tetapi tidak menghilangkan hak-haknya. Itulah namanya perlindungan," katanya.
    
Ponari, katanya, harus tetap mendapatkan hak-haknya sebagai anak, seperti hak pendidikan, hak kesehatan, dan hak bermain sebagaimana anak-anak sebayanya.
    
Anak itu, kata Hadi, harus dijauhkan dari masyarakat dengan berbagai kepentingannya. "Ponari harus dijauhkan dari masyarakat yang sedang kalap, baik karena motivasi penyembuhan maupun karena keinginan mengeksploitasi dengan motif materi ataupun popularitas," katanya.
    
Berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, juga perlu membangun kesadaran tentang pentingnya perlindungan terhadap anak dan pemenuhan berbagai hak anak, kata Hadi Supeno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com