Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengobatan Gratis untuk Korban Banjir Kalsel

Kompas.com - 05/02/2009, 17:48 WIB

BANJARMASIN, KAMIS - Kantor Dinas Kesehatan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan pengobatan gratis kepada para korban banjir di wilayah kabupaten tersebut.
      
Selama terjadi banjir yang melanda Kabupaten Banjar, ribuan warga korban banjir sudah memperoleh pengobatan gratis, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar drg. H. Toto Medyanto, M.Kes dalam keterangannya yang disampaikan bagian Humas Setda Banjar, Kamis.
      
Ia menyebutkan, para korban banjir di wilayah tersebut sangat rawan serangan penyakit, khususnya penyakit diare dan penyakit kulit terutama bagi anak-anak.

Dalam upaya mencegah terjadinya serangan penyakit tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar pengobatan gratis bagi masyarakat umum selama terjadinya musibah tersebut.

Seperti diutarakan Kadinkes setempat selama terjadinya banjir tersebut pihaknya telah melakukan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat umum, khususnya di wilayah yang terkena banjir.

Menurut Toto, Kecamatan Martapura Timur yang terlayani pengobatan sebanyak 400 warga, Kecamatan Astambul 435 warga, Kecamatan Pengaron 439 warga, serta Kecamatan Sungai Tabuk 53 orang.

Kecamatan Martapura Barat yang termasuk wilayah paling lama terendam banjir, menurut Toto, sudah terlayani sebanyak 3.659 warga.

Dengan demikian selama terjadinya banjir, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar telah melayani sebanyak 4.986 warga yang berobat gratis.

Toto juga menyebutkan, masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan berobat gratis, khususnya di sekitar daerah banjir dapat mengunjungi Posko Kesehatan terdekat pada Sabtu 7 Pebruari 2009 pukul 09.00 WITA sampai dengan selesai.

Posko pelayanan kesehatan gratis bertempat di Desa Jawa Laut Kecamatan Martapura Kota dan Desa Akar Bagantung Kecamatan Martapura Timur. Sedangkan Kecamatan Martapura Barat di Desa Keliling Benteng Ulu, katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com