Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ups... Harga Pohon Jeruk Imlek Tembus Rp6 Juta!

Kompas.com - 10/01/2009, 20:40 WIB

MADIUN, SABTU--Menjelang Imlek, yang pada tahun ini dirayakan pada tanggal 26 Januari mendatang, harga pohon jeruk emas tembus Rp6 juta per pot.

Meski harganya relatif mahal, pohon jeruk emas yang berada di kios milik Cahyo (46) di Jalan Udowo, kawasan Pusat Nurseri Kota Madiun, Sabtu (10/1), diserbu pembeli yang kebanyakan warga Tionghoa.

"Bukan tanpa alasan jeruk itu dipilih menjadi persembahan saat Imlek. Bagi mereka yang merayakannya, memanjang pohon jeruk emas di rumah menjadi keharusan," kata Cahyo ketika ditemui di kiosnya, Sabtu.

Tak pelak, puluhan pohon yang sebelumnya memenuhi kiosnya, kini tinggal beberapa pohon saja, walau untuk dapat memilikinya, pembeli harus merogoh kocek Rp1 juta-Rp6 juta/pot.

Cahyo mengatakan, pohon jeruk emas yang buahnya sebesar bola pingpong tersebut dipasok dari Surabaya dan Malang. Bahkan, barang dagangannya ini dipesan tiga bulan lalu.

"Kalau saya tidak pesan pohon jeruk emas itu tiga bulan lalu, kemungkinan pada hari ini kehabisan stok, mengingat pohon ini masih diimpor dari Cina," katanya.

Meski pohon itu harganya relatif mahal dan buah jeruknya mengundang selera untuk dimakan, kata Cahyo, rasa buah itu masam dan agak hambar.

"Harga setiap kilonya Rp3.000,00, atau lebih murah dibandingkan dengan varietas jeruk lain yang harganya relatif tinggi, seperti ’Sunkist’ atau ’Mandarin’, yang rasa jeruknya lebih kuat dan manis," katanya.

Meski begitu, lanjut dia, pohon jeruk ini mempunyai keunggulan tersendiri, buah jeruk yang masih melekat pada tangkai pohonnya dapat bertahan selama empat bulan.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com