Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Intelijen Obama dan Peran TNI di Timtim

Kompas.com - 09/01/2009, 18:26 WIB

WASHINGTON, JUMAT - Presiden AS terpilih Barack Obama akan merampungkan pembentukan tim keamanan nasionalnya dengan mengumumkan direktur CIA dan direktur intelijen nasional. Mantan panglima Komando Pasifik AS, Laksamana purnawirawan Dennis Blair yang akan ditunjuk sebagai direktur intelijen nasional diperkirakan mendapatkan pertanyaan dari Senat dalam proses penunjukkan ini sehubung dengan perannya terhadap pengekangan aksi militer Indonesia di Timor Leste.

Obama dijadwalkan akan mengumumkan penunjukkan Blair dengan posisinya itu dan mantan kepala staf Gedung Putih Leon Panetta yang tak memiliki pengalaman intelijen secara langsung untuk mengetuai CIA.  Obama akan mengumumkan pejabat di tim keamanan nasionalnya ini Jumat (19/1).

Dennis Blair dikenal dengan prestasinya menangani pemberantasan terorisme di Asia Tenggara pascaserangan teroris di AS pada 11 September 2001. Blair bekerjasama dengan para mitra asing untuk memberantas  Jemaah Islamiyah di Indonesia dan Abu Sayyaf di Filipina.
    
Senator Ron Wayden menjelaskan rencananya menanyakan Blair mengenai perannya 10 tahun lalu dalam upaya AS mengekang sikap Tentara Nasional Indonesia terhadap penduduk sipil di Timor Leste. Sementara sejumlah senator lainnya dalam proses pemilihan direktur intelijen nasional itu akan mendengarkan secara seksama keterangan dari Blair tersebut.

Kelompok pejuang pendukung integrasi yang dibina oleh TNI dengan dukungan keuangan AS diduga telah terlibat aksi kekerasan di Timor Leste selama 2 dasawarsa. Hal ini memicu Kongres dan pemerintah Bill Clinton memotong seluruh kerjasama militer AS dengan TNI pada 1999.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com