Tipu WNI, Warga Malaysia Meringkuk di Sel

Kompas.com - 07/01/2009, 19:06 WIB
Editor

 

GENTENG, RABU — Seorang warga negara Malaysia terpaksa meringkuk di sel Kepolisian Sektor Genteng. Pasalnya, ia terbukti melakukan penipuan pada lima warga Kota Surabaya hingga Rp 4 juta dengan janji imbalan pekerjaan sebagai sopir perusahaan minyak Petronas di Malaysia.

Demikian dikatakan Kepala Kepolisian Sektor Genteng Ajun Komisaris Dolly A Primanto di Surabaya, Rabu (7/1). Dolly menjelaskan, tersangka Anuar Bin Ali (47) tertangkap di Hotel Bumi Nusantara (eks-Hyatt), Selasa (6/1) siang, setelah dijebak oleh salah satu korbannya.

Modus penipuan yang dilakukan Anuar adalah meyakinkan korbannya untuk menyerahkan uang Rp 300.000 hinga Rp 4 juta sebagai dana pengganti asuransi dan jaminan mengambil pekerjaan di Malaysia. Anuar, yang diketahui masuk ke Indonesia secara ilegal dan tanpa disertai dokumen identitas resmi, mengaku sebagai Direktur Utama perusahaan minyak NRP Oil Sdn Bhd yang beralamat di Johor, Malaysia.

Sedikitnya, kata Dolly, lima warga Surabaya-Sidoarjo sudah ditipunya. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun. "Setelah dipidanakan, kami akan langsung deportasi tersangka kembali ke negaranya," kata Dolly.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.