Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ombak Merusak Anjungan PAI di Tegal

Kompas.com - 18/12/2008, 16:29 WIB

Tegal, Kompas - Ombak besar selama seminggu terakhir menyebabkan salah satu bagian anjungan di Objek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal rusak. Lantai anjungan yang terbuat dari papan kayu jebol sepanjang 1,5 meter dan berlubang sehingga pengunjung tidak dapat melewatinya.

Nuralin (40), warga di sekitar kawasan pantai, Rabu (17/12), mengatakan, kerusakan anjungan di pinggir laut utara tersebut terjadi sejak beberapa hari lalu. Lantai jebol karena ombak besar terus-menerus menerjang.

Hingga kini, ombak dengan ketinggian antara 1,5 hingga 2 meter masih terjadi dan menerjang anjungan. Dikhawatirkan, kerusakan lantai anjungan akan kian parah.

Oleh karena itu, dia meminta pengunjung untuk tidak masuk ke lokasi anjungan yang rusak. "Lokasi itu terbahaya," ujarnya.

Pemerintah belum memasang rambu larangan memasuki anjungan. Meskipun demikian, sejumlah pengunjung memilih menghindari lokasi yang rusak dan hanya berjalan-jalan di pinggiran pantai yang masih aman.

Nurhayati (26), warga Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, mengatakan, pemerintah harus segera memperbaiki anjungan yang rusak dan memasang papan peringatan. Tujuannya, menghindari terjadinya kecelakaan pengunjung pantai.

Tidak semua pengunjung mengetahui papan yang jebol sehingga tetap melewatinya, terutama saat malam hari.

Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Seni, dan Budaya Kota Tegal Sumito mengatakan, kerusakan anjungan karena faktor alam dan faktor usia yang sudah tua. Anjungan tersebut dibangun lima tahun lalu. Menurut dia, pemerintah segera menutup anjungan untuk sementara dan memperbaikinya. (WIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com