Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

800 Buruh Tekstil di Cilacap Mogok Kerja

Kompas.com - 19/11/2008, 10:42 WIB

CILACAP, RABU -  Sebanyak 800 karyawan perusahaan pemintalan PT Industri Sandang Nusantara di Cilacap Jawa Tengah, Rabu (19/11), melakukan aksi mogok kerja.  Mereka menuntut perbaikan kesejahteraan yang hingga saat ini belum dipenuhi pihak perusahaan.

Ratusan karyawan tersebut berujuk rasa di depan pabrik yang berlokasi di jalan Kyai Kendil Wesi Cilacap tersebut.  Selain berorasi, karyawan juga mengacungkan berbagai spanduk bertuliskan tuntutan kepada perusahaan.

Menurut koordintor lapangan pengujuk rasa, Triyono, aksi mogok kerja dilakukan karena hingga kini karyawan merasa kesejahteraan yang diberikan masih minim. Padahal, biaya hidup sekarang semakin mahal.

"Bahkan seragam kerja pun, hingga setahun ini tidak ada gantinya.  Kami juga menuntut agar asuransi kesehatan bagi karyawan juga dipenuhi," ungkap Triyono.

Selain aksi mogok kerja, sebanyak 103 orang perwakilan karyawan PT Industri Sandang Nusantara hari ini juga diberangkatkan ke Jakarta untuk menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Presien dan Gedung MPR/DPR.  Mereka berharap, pemerintah ikut memperjuangkan nasib para karyawan perusahaan tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com