Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diganggu "Sesuatu" Puluhan Siswi Kesurupan

Kompas.com - 18/11/2008, 12:30 WIB

SUMENEP, SELASA — Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, MA Hidayat, Selasa (18/11), mendatangkan sejumlah "orang pintar" untuk mengetahui penyebab puluhan siswanya yang kesurupan pada Senin (17/11).
   
"Ini salah satu upaya dari kami agar kasus kesurupan tidak terjadi lagi. Alhamdulillah, sekarang ini kegiatan belajar dan mengajar di sekolah kami sudah normal," katanya di Sumenep.
   
Ia menjelaskan, salah satu keterangan dari "orang pintar" yang didatangkan ke sekolahnya adalah adanya "sesuatu" yang mengganggu siswanya.
   
"Sesuatu itu berada di salah satu pojok pagar di kawasan sekolah ini. Kami akui ada ritual yang dilakukan untuk mencegah kasus kesurupan terjadi lagi," katanya.
   
Hidayat menjelaskan, pihaknya juga meminta para guru di masing-masing kelas untuk melakukan doa bersama sebelum memulai pelajaran. "Kami juga meminta sejumlah guru guna mendata para siswa yang kesurupan sekaligus melakukan komunikasi dengan orangtuanya," ujarnya.
   
Dari hasil komunikasi dengan orangtua, diketahui sejumlah siswa yang kesurupan tersebut sebelumnya mengeluh sakit dan sedang punya masalah. "Puluhan siswa yang kesurupan memang hanya perempuan sehingga kami juga minta bantuan para orangtua untuk memantau kondisi anak-anaknya," katanya.
   
Pada Senin puluhan siswa SMAN Kalianget kesurupan, yang ditandai dengan tubuh kejang-kejang dan menjerit histeris. Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, aktivitas di SMAN Kalianget dihentikan dan pada pukul 11.00 semua siswa diminta pulang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com