Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaiki Stabilis Pasar, G20 Sepakat Ambil Semua Langkah

Kompas.com - 10/11/2008, 07:19 WIB

SAO PAULO, MINGGU - Para pimpinan keuangan yang mewakili ekonomi-ekonomi berkembang dan maju terbesar dunia sepakat pada Minggu (9/11), untuk mengambil "semua langkah-langkah yang diperlukan" untuk memperbaiki kepercayaan dan stabilitas di pasar global.

Pertemuan G20 di Sao Paulo meletakkan dasar-dasar untuk sebuah pertemuan darurat  dari para pemimpin mereka pekan depan, untuk mencapai sebuah konsensus  reformasi utama dari sistem finansial yang rusak oleh krisis kredit.

Meski tidak spesifik unsulan-usulan itu muncul, pernyataan G20 mengatakan, "Kami sepakat  bahwa jami harus menarik pelajaran dari krisis saat ini dan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memperbaikik  kepercayaan dan stabilisasi pasar dan meminimalkan  risiko dari krisis selanjutnya."

Pernyataan itu mengatakan, para menteri keuangan dan pejabat bank sentral pada pertemuan itu mencatat "bahwa krisis global membutuhkan solusi global dan prinsip-prinsip bersama," dan menambahkan bahwa "kami siap untuk segera mengambiltindakan progresif yang disetujui pimpinan kami."

Pernyataan dan komunike G20 dari para pejabat mengindikasikan sebuah kesepakatan umun pada dasar-dasar di antara para menteri, tampa menyebutkan lebih detil usulan yang akan dibawa pada pertemuan para pimpinan G20 15 November dengan tuan rumah Presiden George W. Bush.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com