Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Akhir Pekan TKW di Singapura

Kompas.com - 28/10/2008, 10:05 WIB

Akhir pekan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu para tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia di Singapura. Saat itulah mereka bisa menikmati "kebebasan".

Ada sejumlah tempat yang biasa mereka datangi untuk berkumpul menghabiskan akhir pekan. Salah satunya di City Plaza, Geylang.

Jauh dari keluarga dan tanah kelahiran, tak membuat para TKW kita di Singapura jadi terpasung. Sebagian dari mereka bahkan mengaku lebih kerasan tinggal di negeri itu, salah satunya Larra (23).

Wanita asal Lampung Selatan ini betah karena merasa menemukan kebebasan selama tinggal di Singapura. Selain merasa nyaman karena serba tertib dan aman, katanya, di sini ia bisa pakai baju terbuka di tempat umum. "Di tempat asalku mana bisa? Kebetulan majikanku orang bule, jadi enggak masalah," kata Larra.

Meski suka berpakaian "minim", Larra menegaskan, "Bukan berarti aku dan teman-teman bisa dibayar untuk yang macam-macam lho. Memang, kadang ada orang yang menganggap begitu, tetapi enggak banyak. Makanya kami juga harus tetap hati-hati."

Berhati-hati terhadap kaum lelaki, menurut Larra, harus ekstra dilakukan para TKW yang masih lajang. "Buat yang singgel, harus hati-hati juga memilih pacar. Soalnya, pria yang mendekati kita, belum tentu karena cinta. Cuma mau uang kita saja."

Larra rupanya punya pengalaman pribadi. Ceritanya, dua tahun lalu ia harus rela kehilangan uang yang jumlahnya lumayan banyak. "Biasalah, dimintai uang melulu oleh pacar saya yang asal Malaysia," terang gadis periang ini.

Ditemui di seputar City Plaza, Geylang, Singapura, Larra mengaku kerap menghabiskan waktu liburnya di akhir minggu di kawasan ini. "Aku memang suka kumpul-kumpul di sini dengan teman-teman asal Indonesia."

Meski tempat kerja mereka berjauhan, "Tapi sebisa mungkin tiap akhir pekan kami selalu kumpul di sini. Senang ketemu sesama orang Indonesia. Kami bisa ngobrol-ngobrol dari pagi sampai malam, jalan-jalan, atau makan bersama."

Selain Larra, masih banyak TKW asal Indonesia yang memilih kawasan Geylang sebagai titik berkumpul setiap akhir pekan. Sebut saja Tari, Ine, Anita, dan Ani. Bahkan, khusus Ani (38), sudah delapan tahun menjalani rutinitas berkumpul di Geylang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com