Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ende Kembangbiakkan Tanaman Turuwara

Kompas.com - 22/10/2008, 18:36 WIB

ENDE, RABU - Balai Taman Nasional Kelimutu bekerja sama dengan Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI tahun ini sedang mengupayakan pengembangbiakkan tanaman turuwara (Rhododendron renschianum).

Turuwara merupakan tanaman endemik di kawasan zona inti danau triwarna Kelimutu, di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Turuwara juga merupakan spesies kunci sebagai pakan burung dan kera di kawasan tersebut.

"Sekarang sedang dilakukan pembibitan di lahan seluas 1 hektar, di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu," kata Kepala Balai Taman Nasional ( TN) Kelimutu Gatot Soebiantoro , Rabu (22/10), di Ende.

Menurut Gatot, pengembangbiakkan turuwara dilakukan antara lain mempertimbangkan, bahwa di kawasan Danau Kelimutu merupakan daerah rawan bencana seperti gempa bumi.

Selain itu populasi turuwara juga terbatas, buahnya yang kecil dan manis juga seringkali dikonsumsi oleh warga setempat. Belum lagi faktor populasi kera yang kian besar, sementara pertumbuhan turuwara sendiri cenderung lambat.

Guna mendukung kegiatan pengembangbiakkan turuwara itu pihak BTN Kelimutu juga bekerja sama dengan fakultas pertanian Universitas Flores (Uniflor), Ende.  

Kegiatan ini merupakan tahapan uji coba, sebab baru pertama kali dilakukan penyetekkan turuwara dari kawasan danau Kelimutu. "Diharapkan pembibitan ini berhasil, sehingga bulan De sember nanti memas uki musim hujan dapat dilakukan penanaman," kata Dekan Fakultas Pertanian Universitas Flores Imakulata Fatima Pampe.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com