Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dini Hari, Belasan Manula Keracunan Makanan

Kompas.com - 24/09/2008, 11:11 WIB

PURWAKARTA, RABU - Sebanyak 30 warga Kampung Koranji, Desa Sindangkasih, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta keracunan makanan, Rabu dini hari. Akibatnya, 13 orang dirawat di unit gawat darurat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Purwakarta dan sebanyak 17 orang lainnya dirawat di puskesmas setempat.  
     
Menurut informasi yang diperoleh, usia korban keracunan itu rata-rata 60 sampai 70 tahun. Tapi selain itu, ada korban yang berusia lima sampai belasan tahun.  
     
Beberapa korban keracunan mengaku makanan yang disantap berupa nasi dan daging ayam serta mie yang merupakan pemberian saudaranya. "Setiap menjelang akhir Ramadhan, keluarga besar kami selalu menjalani tradisi memberi dan menerima makanan. Saudara yang paling bungsu memberikan makanan kepada saudaranya-saudaranya yang lebih tua. Jadi, kami semua keluarga besar menerimanya," kata Enjang (40), seorang korban keracunan.
     
Ia mengaku tidak mengira kalau makanan pemberian saudaranya itu tercemar racun sehingga dirinya mesti dirawat di rumah sakit. Lagipula, dari sekian lama keluarga besar itu menjalani tradisi memberi dan menerima makanan kepada sesama saudara, baru kali ini saja terjadi keracunan.  
     
"Setelah makan sekitar dua jam, beberapa waktu kemudian perut merasa mual, ingin muntah dan selalu ingin buang air besar, sampai badan lemas-lemas," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com