Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilgub Lampung Diperkirakan Dua Putaran

Kompas.com - 15/08/2008, 19:02 WIB

BANDAR LAMPUNG, JUMAT- Komisi Pemilihan Umum Daerah Lampung memastikan agenda Pemilihan Gubernur atau Pilgub Lampung akan berlangsung dua putaran. Pertimbangan tersebut didasarkan pada banyaknya pasangan calon yang maju, serta bertambahnya persentase persyaratan perolehan suara untuk memenangi pilgub.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung Ch Gultom, Jumat (15/8), mengatakan, berbeda dengan provinsi lain di Indonesia yang juga menyelenggarakan pilgub, peserta Pilgub Lampung 2008 diikuti peserta paling banyak, yakni tujuh pasang.

Lima pasangan calon maju dengan dukungan partai politik atau gabungan partai politik, dan dua pasangan calon maju lewat jalur perorangan.

Lima pasang calon gubernur dari partai politik atau diusung oleh gabungan partai politik adalah pasangan M Alzier Dianis Thabranie-Bambang Sudibyo (Partai Golkar dan PPP), Sjachroedin ZP-MS Joko Umar Said (PDIP dan beberapa partai kecil), OemarsonoThomas-Azis Riska (koalisi partai-partai kecil), Zulkifli Anwar-Akhmadi Sumaryanto (PKS dan PAN), Andi Achmad Sampurnajaya-M Suparjo (Partai Demokrat dan PBR).

Sedangkan dua pasangan calon gubernur dari jalur perseorangan adalah Muhajir Utomo-Andi Arif (JIRAN) dan Sofjan Jacoeb-Bambang Waluyo Utomo.

Melihat banyaknya calon, lanjut Gultom, KPUD Lampung hampir yakin pilgub akan berlangsung dalam dua putaran. Apalagi, ketentuan dalam UU Nomor 12 Tahun 2008 mensyaratkan pemenang pilgub harus mendapatkan perolehan suara minimal 30 persen.

Meski demikian, KPUD Lampung sebenarnya menginginkan pemilihan berlangsung dalam satu putaran. Terutama untuk menghemat anggaran pemilihan dan efisiensi sumber daya manusia.

Untuk menyelenggarakan Pilgub Lampung 2008 3 September 2008, KPUD Lampung membutuhkan dana sebesar Rp 95,8 miliar. Apabila pemilihan berlangsung dalam dua putaran, setidaknya KPUD Lampung membutuhkan dana pilkada tambahan Rp 44 miliar.

Mengawali masa kampanya yang segera berlangsung mulai 18 Agustus 2008 sampai dengan 30 Agustus 2008, KPUD Lampung akan menyelenggarakan agenda deklarasi Pilgub Lampung damai pada Sabtu (16/8) besok pukul 15.00. Selanjutnya, setiap pasangan calon bisa berkampanye di zona-zona kampanye yang sudah ditentukan KPUD Lampung.

Sementara itu, DPRD Lampung akan menyelenggarakan Rapat P aripurna Khusus Penyampaian Visi Misi Tujuh Pasangan Calon pada 19 Agustus 2008. Mengisi masa kampanye, KPUD Lampung akan mengadakan debat kandidat pasangan calon pada 22 Agustus 2008. "Untuk debat kandidat tersebut kita masih merancang konsep dan mencari panelis yang tepat dan netral," ujar Gultom.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com