Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isteri Rio Alex Bullo Minta Maaf

Kompas.com - 07/08/2008, 00:40 WIB

PURWOKERTO, KAMIS - Isteri terpidana mati Rio Alex Bullo (30), Tuti Alawiyah, meminta maaf kepada masyarakat dan keluarga korban atas segala perbuatan suaminya. Hanya dalam hitungan jam, Rio Alex Bullo yang mendapat julukan "martil maut" karena selalu menghabisi korbannya dengan martil akan dieksekusi mati.

"Kami sebagai keluarga minta maaf kepada masyarakat maupun kepada keluarga korban atas kesalahan suami saya," kata Tuti yang ditemui di Purwokerto, Rabu (6/8) malam.

Tuti mengatakan, sebenarnya ia masih ingin bertemu dengan suaminya Rabu, namun hak Rio untuk bertemu keluarga sudah habis. Sebab, Senin (4/8), Rio sudah menandatangani berita acara eksekusi. Setelah penandatanganan itu, ekseskusi akan dilaksanakan dalam waktu 3x24 jam. Selama waktu tunggu eksekusi itu Rio tidak lagi diizinkan bertemu keluarga.

Rio Alex Bullo divonis mati Pengadilan Negeri (PN) Purwokerto karena melakukan pembunuhan sadis terhadap seorang pengacara terkenal sekaligus pemilik persewaan mobil di Purwokerto, Jeje Suraji (39), di Hotel Rosenda Baturaden, 21 Januari 2001.

Selama 1997-2001, terpidana telah membunuh sedikitnya empat orang pemilik atau pengelola rental mobil. Pembunuhan itu merupakan cara terpidana untuk membawa lari mobil yang disewa dari para pemilik atau pengelola rental tersebut.

Setiap melancarkan aksinya, terpidana selalu menyiapkan dua buah martil untuk memukul kepala korbannya. Karena itu pula, terpidana diberi julukan Rio Si Martil Maut. Namun, selama mendekam di LP Nusakambangan, terpidana juga pernah membunuh teman satu penjaranya, Iwan Zulkarnaen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com