Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

43 Warga Manggarai Barat Menderita Kusta

Kompas.com - 30/07/2008, 16:29 WIB

Laporan Wartawan Pos Kupang Oby Lewanmeru

LABUAN BAJO, RABU -- Saat ini sebanyak 43 orang warga Kabupaten Manggarai Barat (Flores Barat) menderita penyakit kusta. Penderita terbanyak berada di Kecamatan Komodo, yaitu di Kampung Capi, Desa Golo Bilas.

Demikian data yang diperoleh Pos Kupang dari Kepala Seksi (Kasi) Pemberantasan Penyakit Menular, Makarius Ngganggu, di Capi, Selasa (29/7). Menurut dia,  penyakit yang ada saat ini merupakan hasil tularan dalam beberapa tahun terakhir.
 
Dirincikannya, penderita kusta di Kecamatan Komodo sebanyak 37 orang yang tersebar di Labuan Bajo dan Kampung Capi, sedangkan lainnya berada di Tentang (Kuwus), Rekas (Sano Nggoang) dan Terang (Boleng).

Menurut Makarius, penyakit ini disebabkan oleh Micobacterium Leprae yang menyerang syaraf dan kekebalan tubuh manusia. Dia menjelaskan, penyakit itu memang menular, tetapi melalui kontak langsung secara terus-menerus antara orang sehat dan penderita.

"Karena itu saya minta jangan takut terhadap penderita kusta karena mereka sudah kita obati dan secara medis para penderita yang sudah diobati atau telah mendapat pelayanan pengobatan tidak lagi menularkan kepada orang lain," katanya.

Pengelola Kusta pada Puskesmas Labuan Bajo, Melania Emi Lahi, menjelaskan, sampai saat ini pihaknya selalu memantau perkembangan penyakit yang terjadi di Capi dan meminta warga tetap melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke puskesmas.

"Stok obat ada dan mereka yang memiliki gejala akan kita obati. Sedangkan yang sudah mendapat pengobatan atau telah selesai aturan pengobatan, maka mereka itu tidak lagi mendapat obat, hanya menunggu perkembangan selama 1-2 tahun," kata Melania.

Gejala yang ditumbulkan oleh penderita awal, menurut Melania, terdapat bercak-bercak putih pada bagian tubuh, mati rasa, penebalan-penebalan berwarna hitam pada bagian tubuh.

Jika ada warga yang menampilkan gejala itu, lanjutnya, yang bersangkutan harus melakukan pemeriksaan ke puskesmas agar mendapat pelayanan kesehatan selain mengetahui pasti jenis penyakit tersebut.

Kunjungi Penderita
Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Barat (Mabar), Drs. Agustinus Ch Dula, Selasa (29/7), mengunjungi sejumlah warga penderita penyakit kusta/lepra di Kampung Capi, Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapat informasi dari penderita tentang pelayanan kesehatan, selain melihat kondisi penderita dan juga mendengar langsung cara penanganan dari pihak medis setempat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com