Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Suara Pilkada Lampung Sudah Tercetak Dua Juta Lembar

Kompas.com - 28/07/2008, 22:17 WIB

BANDAR LAMPUNG, SENIN-Komisi Pemilihan Umum Daerah Lampung memastikan, dua juta lembar surat suara sudah tercetak sejak pencetakan hari pertama Kamis (24/7). Selain surat suara KPUD Lampung juga tengah menyelesaikan kebutuhan logistik supaya siap didistribusikan pada 8 Agustus 2008.

Ketua KPUD Lampung Ch Gultom, Senin (28/7) mengatakan, KPUD Lampung menyetujui pencetakan surat suara pada Kamis (24/7). CV Sumber Prima selaku pencetak surat suara memastikan mampu mencetak surat suara sebanyak 500.000 lembar per hari. Sehingga selama empat hari cetak, sebanyak dua juta lembar surat suara sudah tercetak.

Sesuai jadwal perencanaan pengadaan dan distribusi kartu pemilih, surat suara, formulir model C, dan berbagai perlengkapan lainnya, KPUD Lampung menjadwalkan selesai mencetak surat suara pada 4 Agustus 2008. Pada 8 Agustus 2008 surat suara beserta logistik lainnya siap didistribusikan ke KPUD kabupaten/kota.

Sekretaris KPUD Lampung Fahrizal mengatakan, khusus untuk plat surat suara bagi pemilih tuna netra, KPUD Lampung bekerja sama dengan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Lampung. Pertuni Lampung bersedia mencetak 300 pla t surat suara untuk membantu pemilih tuna netra di Lampung. Pertuni juga yang akan mendistribusikan plat tersebut ke wilayah-wilayah yang diperkirakan banyak terdapat pemilih tuna netra, ujar Fahrizal.

Selain upaya menyelesaikan pencetakan surat suara, KPUD Lampung sudah menyelesaikan kebutuhan tinta. KPUD Lampung menghitung, satu TPS membutuhkan dua botol tinta. Di Lampung terdapat 13.301 tempat pemungutan suara (TPS) dan ditambah dengan cadangan 2,5 persen, KPUD Lampung setidaknya harus menyiapkan 24.899 botol tinta.

Kebutuhan sebanyak itu dipakai untuk memenuhi kebutuhan di 10 kabupaten/kota di Lampung, tanpa Kabupaten Lampung Utara. Khusus di Kabupaten Lampung Utara, kebutuhan tinta sebanyak 2.312 botol untuk pelaksanaan pemungutan suara saat Pilgub menggunakan logistik pemilihan Bupati Lampung Utara yang kebetulan bersamaan waktunya dengan pemilihan gubernur pada 3 September 2008.

Untuk formulir C dan D, saat ini KPUD Lampung juga tengah menyelesaikan pencetakannya. Sedangkan untuk peralatan alat tulis di TPS, KPUD Lampung meminta setiap KPUD kabupaten/kota menyiapkan kebutuhan tersebut.

Menurut Gultom, seluruh logistik tersebut akan disimpan menjadi satu dalam satu kotak suara. "Setiap kabupaten/kota akan menerima kotak suara sesuai jumlah TPS di wilayah masing-masing," ujarnya. (HLN)   

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com