Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Partai Golkar Malinau Dibakar

Kompas.com - 04/03/2008, 11:55 WIB

SAMARINDA, SELASA -- Kantor Dewan Pengurusn Daerah (DPD) Partai Golkar di Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur pada Senin (3/3) dibakar oleh sekelompok orang. Meski tidak menimbulan korban jiwa, namun bangunan kantor part ai politik berlambang pohon beringin tersebut rata dengan tanah. Selain itu Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan juga mengalami kerusakan adanya aksi pelemparan oleh sekelompok orang.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kaltim, Herlan Agussalim ketika dihubungi di Samarinda, Selasa (4/3), mengatakan, membenarkan adanya aksi pembakaran kantor DPD Partai Golkar di Malinau tersebut. "Saya kira ini bentuk dari kekecewaan sebagian kader Partai Golkar di daerah," katanya.

Menurut Herlan, kekecewaan itu terjadi akibat tidak adanya partai politik yang mengusung calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) dari masyarakat Dayak. Di Partai Golkar misalnya, Bupati Malinau Martin Bella gagal dalam konvensi untuk menjadi cagub atau cawagub dari partai ini.

Partai Golkar Kaltim memilih Walikota Tarakan Jusuk SK dan pengusaha Luther Kombong sebagai cagub dan cawagub. Sementara Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kaltim, Yurnalis Ngayoh juga gagal diusung karena terkait dengan umur yang sudah di atas 65 tahun. "Saya kira sudah saatnya Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar untuk turun tangan mengatasi keadaan ini. Sudah saatnya aspirasi kader-kader Golkar di daerah diperhatikan," katanya.

Sementara Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim, Komisaris Besar I Wayan Tjatra di Balikpapan belum bisa dihubungi untuk meminta kronologis kejadian tersebut. Keterangan yang dihimpun Kompas, menyebutkan, saat ini Kepolisian Resor (Polres) telah memeriksa tiga orang terkait kasus pembakaran tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com