Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Penculikan Resahkan Ternate

Kompas.com - 04/03/2008, 09:06 WIB

TERNATE, SELASA - Warga Ternate, Maluku Utara (Malut), kini  diresahkan oleh isu adanya sekelompok orang tak dikenal,  yang akan menculik anak-anak di kota ini untuk dibawa ke luar Malut.
     
"Sejak adanya isu tersebut, saya selalu resah, jangan sampai kedua anak saya diculik saat mereka berangkat atau pulang  sekolah," kata seorang warga Ternate, M. Thamrin di Ternate, Selasa.
     
Isu yang beredar di warga Ternate,  anak-anak di kota ini akan diculik untuk dijual ke luar  negeri. Sebagian lagi untuk dijadikan tumbal dalam pembangunan berbagai proyek besar di Indonesia.
     
Warga lainnya di Ternate, Ny. Salmah mengaku sejak adanya isu tersebut, ia tak berani lagi membiarkan putranya yang  masih duduk di  bangku kelas 2 SD,  untuk pergi atau pulang sekolah seorang diri.
     
Ia sekarang selalu mengantar dan menjemput putranya di sekolah, walaupun letak sekolah putranya itu tak jauh dari rumahnya. langkah antisipasi seperti itu juga dilakukan oleh orang tua lainnya di kota ini.
     
"Saya sebenarnya tak percaya pada  isu tersebut, tapi saya tetap melarang anak untuk bermain jauh dari rumah, terutama pada malam hari. Ya, siapa tahu isu tersebut memang benar," kata  Salim, warga lainnya di Ternate.

Polda Malut mengimbau warga di Ternate  agar jangan percaya, karena sejauh ini Polres belum melihat adanya indikasi yang menguatkan isu tersebut. Bisa jadi sengaja dihembuskan pihak-pihak yang ingin merusak ketenangan warga di kota ini, sehingga  warga jangan terpengaruh, kata Kasubdit Publikasi iumas Polda Malut Kompol Noortjaho.
(ant)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com