Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temasek Bakal Pertahankan Danamon

Kompas.com - 14/02/2008, 18:23 WIB

JAKARTA,KAMIS - Presiden Direktur Bank Danamon Tbk Sebastian Paredes, mengatakan Bank Danamon akan tetap dipertahankan terkait kebijakan kepemilikan tunggal (Single Presence Policy/SPP), dimana Bank Danamon Tbk dan Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) dimiliki oleh mayoritas pemegang saham yang sama.  "Pemegang saham mengatakan mereka akan mempertahankan keberadaan Bank Danamon," katanya di Jakarta, Kamis, seusai acara Munas Asosiasi Emiten Indonesia.

Dengan demikian, lanjutnya, nantinya BII akan dimerger ke Bank Danamon atau ada kemungkinan untuk dijual.  "Masih ada dua pilihan, merger atau dijual. Kita melihat keuntungannya merger, tapi juga melihat alternatif menjual," katanya.
    
Sebastian mengatakan keputusan tersebut kemungkinan akan segera diputuskan oleh para pemilik saham (stakeholders) pada pekan depan.  "Kami akan mengetahuinya pekan depan, setelah ’stakeholders’ akan membuat keputusan," tambahnya. 

Bank Danamon merupakan salah satu bank yang terkena dampak Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai SPP. Aturan tersebut menyatakan, suatu pihak hanya diperbolehkan menjadi pemegang saham pengendali di satu bank.

Pemegang saham yang memiliki beberapa bank harus  melakukan penyesuaian struktur kepemilikan melalui pengalihan saham, merger, atau membentuk ’holding company’. 

Dalam kepemilikan saham Bank Danamon, Temasek melalui Konsorsium Asia Financial Indonesia kelompoknya menguasai 68,4 persen saham Bank Danamon. Di BII, konsorsium yang dipimpin Temasek, yakni Sorak Financial Holding Pte. Ltd juga menguasai 56,2 persen saham BII.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com