Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Buruh di Malang Tolak Outsourcing

Kompas.com - 27/01/2008, 12:44 WIB

MALANG, MINGGU - Sekitar 3000-an buruh dari seluruh Indonesia yang tegabung dalam Konggres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Minggu (27/1) berkumpul dan menggelar rapat akbar di Taman Krida Budaya Jawa Timur Malang. Mereka sepakat menolak hubungan kerja sistem kontrak dan outsourcing.

"KASBI sebagai serikat buruh akan terus berjuang menentang kapitalisme atau penjajahan gaya baru. Salah satunya yang kami tuntut adalah UU 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dicabut karena berihak pada para pemodal dan menindas buruh," tutur Ketua Umum KASBI, Nining Elitos, Minggu di Malang, Jawa Timur.

Menurut Nining, tiga hal yang menjadi pengejawantahan dari UU Ketenagakerjaan tersebut adalah hubungan kerja dengan sistem kontrak dan outsourcing, upah murah, dan mudahnya pengusaha mem-PHK buruh. "Sistem kontrak dan outsourcing artinya melepaskan tanggung jawab pemodal terhadap buruh. Al itu membuat tidak adanya kepastian kerja, sehingga job security bagi buruh tidak ada. Ini akan mempengaruh produktivitas kerjanya. Kalau sudah begini, tentu buruh yang dinilai tidak produktif (karena memikirkan kelangsungan kerjanya) akan dengan mudah terancam PHK, " ujar Nining.

Untuk itu Nining mengajak seluruh elemen buruh agar tetap memperjuangkan perbaikan nasib, salah satunya mencabut UU ketenagakerjaan sebagai regulasi yang tidak pro buruh. "Kami berharap regulasi yang dibuat pemerintah nantinya bisa benar-benar memihak buruh," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com