Ruilslag Lahan Eks TNI AU: Penggunaannya Oleh Pihak Ketiga

Kompas.com - 09/01/2008, 09:51 WIB
Editor

MEDAN, KOMPAS - Pemanfaatan lahan bekas aset Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Medan dilakukan oleh pihak ketiga. TNI AU sudah tidak terlibat lagi dalam penggunaan lahan itu setelah tanah seluas 10 hektar dilepaskan melalui proses ruislag. 

Hal itu disampaikan Komandan Lanud TNI AU Medan Kolonel (Pnb) Agus Dwi Putranto menanggapi berita Kompas sebelumnya, Rabu (9/1) pagi ini. "Hasil tukar guling tanah itu diganti dengan pembangunan perumahan dan mes anggota TNI di tempat lain yang nilainya sama. Ruislag ini dilakukan karena dukungan dana untuk pembangunan (perumahan dan mes) terbatas," tutur Dwi.

Soal proses pelepasan aset itu, katanya, pihak Lanud TNI AU Medan tidak terlibat langsung. Proses pelepasan aset itu-mulai perencanaan dan pelaksanaan--dilakukan tim gabungan lintas lembaga dari pusat. Lembaga yang dimaksud di antaranya Departemen Pertahanan, Departemen Keuangan, dan Mabes TNI. "Proses pelepasan aset itu sudah melalui prosedur yang benar yang berlaku," katanya. 

Di lahan bekas aset TNI AU itu kini berdiri perumahan mewah antara lain Grand Polonia, Palace Residence, Villa Polonia Indah, dan Malibu. Satu perumahan lagi sedang dalam proses pembangunan di timur hanggar Lanud Medan di sekitar daerah aliran sungai Deli. "Pembangunan perumahan itu itu sudah di luar wewenang TNI," tuturnya.

Dwi menegaskan hal itu untuk menepis penilaian bahwa pihak TNI mengambil keuntungan dengan pelepasan aset. Pada mulanya, lahan Lanud TNI AU Medan seluas 591 hektar. Kini, sisa lahan aset Lanud TNI AU Medan seluas 581 hektar, termasuk di dalamnya lahan yang dipakai Bandara Polonia 144 hektar. "Proses ini mendapat pengawasan dari pemerintah," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.